GadgetSquad – Enam tahun setelah melakukan langkah pertamanya di kancah internasional, Vivo kini resmi memasuki pasar Eropa. Produsen ponsel asal Cina itu dan anak perusahaan BBK sekarang melakukan bisnis di Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Spanyol, dan Inggris, serta mengumukan empat ponselnha.

Ponsel pertamanya adalah Vivo X51 5G yang merupakan nama lain dari X50 Pro. Selain itu, Vivo juga menghadirkan ponsel kelas menengahnya Y70 dan Y20s, yang juga sudah  tersedia di pasar lain untuk sementara waktu. Dan lainnya ada Vivo Y11s baru, perangkat entry-level yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 460, baterai 5.000 mAh, dan layar LCD HD + 6,51 inci.

Saat ini, Vivo beroperasi di lebih dari 30 pasar dan vendor smartphone terkemuka kedua di Cina dan India. Merek ini juga menguasai 9 persen pangsa penjualan ponsel pintar global.

Kembali ke X51 5G, perangkat ini siap diperebutkan mulai 20 Oktober 2020 dengan harga 749 Pound sterling (Rp 14 juta) di Inggris dalam varian tunggal RAM 8 GB/ 256 GB. Penjualan di bagian lain Eropa akan segera dimulai meskipun tidak ada rincian mengenai harga dan ketersediaan.

Namun, ada pembicaraan dengan operator dan pengecer di seluruh Eropa untuk menghadirkan ponsel Vivo ke lebih banyak konsumen dan merek tersebut akan segera menghadirkan produk pintar lainnya. X51 5G menggunakan panel AMOLED berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz dan sidik jari dalam layar.

Ponsel puntar uni didukung Snapdragon 765G dan dilengkapi dengan daya baterai 4.315 mAh dengan pengisian kabel cepat 33W. Merek asal Negeri Tirai Bambu ini membekali X51 5G dengan sistem operasi
Android 10, dan pembaruan Android 11 akan segera tiba.

Dari segi kamera, ponsel ini cukup mengesankan, dengan lensa utama 48 MP (f/ 1.6) dengan OIS empat sumbu yang belum pernah ada sebelumnya–stabilisasi gimbal mikro. Selain itu, juga memiliki lensa potret 13 MP (f/ 2.46), ultra-wide 8 MP dan modul telefoto 8 MP dengan 5x optical zoom, plus OIS.

Teknologi stabilisasi gimbalnya cukup mengesankan meskipun tidak begitu inovatif seperti yang diiklankan. Kamera perangkat ini kinerjanya sangat baik di siang hari dan menghasilkan di antara bidikan cahaya rendah terbaik yang pernah terlihat.

Vivo juga mengumumkan kemitraannya dengan UEFA untuk Kejuaraan Euro 2020 (akan diadakan 11 Juni – 11 Juli 2021) serta turnamen Euro 2024 berikutnya. Ada juga rencana untuk memperbarui antarmuka Funtouch yang lebih dekat ke stok Android agar sesuai dengan kebutuhan pengguna Eropa.