Review Asus Zenfone 5 – Layak Dipilih !

review asus zenfone 5 GadgetSquad.id – Ini dia Smartphone Asus terbaru yang sudah ditunggu-tunggu. Smartphone ini sempat membuat heboh waktu diperkenalkan pertama kali pada ajang Mobile World Congress 2018 awal tahun ini. Lantaran desainnya yang mirip dengan iPhone X. Inilah Smartphone Asus Zenfone 5 ! Dan akhirnya Smartphone ini resmi diluncurkan dan dijual di Indonesia. Inilah review Asus Zenfone 5 :

Desain Mewah

Benar! Tampilan Smartphone ini mirip dengan iPhone X. Tapi justru disitulah keuntungannya. Kamu akan terasa memiliki Smartphone mahal. Meskipun begitu Smartphone Asus Zenfone 5 pantas dipamerkan, karena sebenarnya tampilan desainnya memang mewah.

Ini lantaran bukan cuma sisi bodi depannya saja yang terlihat full kaca, tapi bodi belakangnya juga tampil elegan berpenampilan kaca. Dan yang bikin tambah keren, ketika melihat bodi belakangnya juga terlihat seperti ada pancaran cahaya di bodi kaca ini yang berasal pada sensor fingerprint scanner berbentuk bulat.

Tapi ada juga kekurangan dari bodi berbahan kaca ini, yaitu mudah meninggalkan bekas sidik jari. Yang membuat Smartphone ini terlihat agak kotor. Tapi hal itu sih bisa diatasi dengan membersihkan menggunakan kain.

Baca juga : Ini Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 5

Yang menarik lainnya dari desain Smartphone Asus Zenfone 5 ini yaitu baik sisi depan maupun belakangnya memiliki desain 2,5D. Maksudnya sisi depan dan belakang terasa sedikit timbul jika dilihat dari samping, dan juga terasa ketika menggeggam Smartphone ini.

Dari review Asus Zenfone 5 yang kami lakukan, Smartphone ini terasa nyaman waktu digenggam. Ini karena bagian sekeliling sampingnya dibentuk membulat dengan bahan alumunium. Selain itu meski berpenampilan kaca, tapi Smartphone Asus ini tidak terasa licin.

Ok, sekarang kita lihat ada apa saja di bodi Asus Zenfone 5 ini. Pada bagian sisi kanan disematkan tombol volume dan tombol On/Off. Lalu di samping kiri terdapat slot kartu SIM dan microSD dengan penutup. Seperti biasa, untuk melepaskannya dari bodi, dengan cara menusuk bagian lubang kecil yang disediakan.

Kemudian akan keluar slot jenis hybrid. Maksudnya hanya disediakan 2 slot, satu untuk simcard 1, dan slot satunya bisa dipakai bergantian untuk simcard 2 atau kartu memori jenis MicroSD.

Beralih ke bagian bodi bawah, di sana terlihat lubang speaker  bersebalahan dengan port USB Type-C dan lubang port audio 3,5 mm. Kemudian untuk bodi belakang terdapat sensor fingerprint berbentuk bulat dan kamera ganda yang ditemani lampu flash LED di bawahnya.

Layar Luas

Saat ini sedang demam tren Smartphone dengan penampilan mirip iPhone X. Yaitu dengan layar luas yang menutupi sekujur sisi depan, plus adanya bagian notch di sisi atas layar. Bisa dibilang Smartphone Asus Zenfone 5 lah yang pertama kali membuat heboh desain mirip iPhone ini, yaitu ketika pertama kali dipamerkan di ajang MWC 2018. Tapi sayangnya, justru Asus Zenfone 5 kalah cepat masuk ke Indonesia dibandingkan Smartphone mirip iPhone X lainnya, seperti Vivo V9 dan OPPO F7.

Asus Zenfone 5 mengusung layar sentuh berukuran 6,2 inchi. Layar ini terlihat luas dengan mendominasi sekujur bodi depan, bahkan menutupi 90% bodi depan. Layar ini memiliki ukuran aspect ratio 19:9, makanya terihat lebih memanjang. Di sisi tengah atas layar terdapat bagian notch . Di situ ditempatkan speakerphone, sensor cahaya, dan kamera depan.

Desain layarnya juga unik, tiap ujungnya berbentuk membulat mengikuti bentuk ujung bodi Hp. Layar luas pada Smartphone Asus Zenfone 5 juga membuat tampilan Smartphone ini memiliki bezel yang tipis. Itulah mengapa meski layarnya berukuran luas, tapi bodi SMARTPHONE Asus ini tetap terasa kompak.

Ketika kami melakukan review Asus Zenfone 5 ini, tampilan yang muncul di layar ini terlihat begitu tajam dan detil. Ini tidak lepas dari penggunaan teknologi IPS dengan resolusi Full HD+ (2246 x 1080 piksel) dan kerapatan piksel 402 ppi.

Selain itu, tampilan layar ini juga nyaman dilihat. Karena meski berada di kondisi pancahayaan sangat terang atau di bawah sinar matahari, tampilan di layar tetap bisa dilihat dengan jelas dan tajam, tanpa harus mencari tempat yang teduh.

Kamera Ganda

Fitur kamera menjadi salah satu yang dijagokan Smartphone Asus Zenfone 5. Smartphone Asus ini dibekali dengan kamera ganda di sisi belakang. Masing-masing lensa kamera memiliki resolusi 12 MPix dan 8 MPix.

Untul lensa kamera 12 MPix diperkuat dengan Sony IMX363 1.4μm pixels, aperture  f/1.8 dan focal length 24mm. Sedangkan lensa kamera 8 MPix disokong aperture f/2.0 serta kemampuan wide angle atau sudut lebar 12mm.

Kamera ganda pada Smartphone Asus Zenfone 5 ini dilengkapi berbagai mode pemotretan, yang memermudah ketika mau memotret dalam berbagai kondisi objek foto. Mode tersebut antara lain Beauty Super Resolution Panorama Time Lapse, AutoProGifGIF Animation, dan Slow Motion. Cara memuncul mode fotografi tersebut, cukup usap sisi bawah layar ketika kamera aktif saat dalam posisi Smartphone horizontal. Kamu bisa menampilkan salah satu mode tersebut di tampilan kamera aktif, dengan cara tekan ikon salah satu mode tersebut hingga bergetar dan muncul tanda pin.

Gak cuma itu, kamera ini juga dilengkapi fitur HDR, Timer, Flash, Efek Bokeh, Ratio Photo dan Focus Mode. Fitur tersebut dihadirkan dalam bentuk ikon di sisi samping kiri ketika kamera aktif saat dalam posisi Smartphone horizontal.  Selain itu juga disediakan mode Pro, buat kamu yang mau mengatur sendiri setingan kamera yang ada. Mulai dari autofocusshutter speedISOexposure value, hingga white balance. Pilihan shutter speed tersedia pilihan kecepatan shutter dari 1/10.000 detik hingga 32 detik. Untuk ISO tersedia hingga pilihan 3200.

Pengalaman kami review Asus Zenfone 5 dengan menggunakan kameranya, ketika memotret di kondisi siang hari kamera ini bisa diandalkan. Kamera bisa menjepret objek foto dengan cepat, padahal juga termasuk melakukan autofocus. Ini berarti proses autofocus bekerja dengan begitu cepat dengan akurasi tinggi. Termasuk ketika memotret secara tiba-tiba atau memotret objek yang sedang bergerak. Dan benar saja, karena Asus mengklaim kamera ini bisa melakukan autofocus hanya dalam waktu 0,03 detik.

Begitu juga ketika sedang memotret dalam keadaan Smartphone yang bergoyang, hasil tangkapan kamera masih terlihat tajam. Ini tidak lepas dari pengaruh fitur Optical Image Stabilizer (OIS) dan Dual Pixel PDAF yang sudah disematkan di Smartphone ini. Begitu juga saat merekam video, hasilnya terlihat mulus dan stabil. Ini juga karena ada dukungan dari fitur Elcetrical Image Stabilizer (EIS)

Hasil fotonya bisa dikatakan memuaskan. Terlihat begitu tajam dan detil dengan tampilan warna yang terang namun tetap natural. Bahkan ketika melakukan pemotretan dengan zoom in, foto hasil tangkapan kamera masih terlihat tajam.  Begitu pun ketika memotret saat kondisi malam hari, hasil fotonya masih terbilang tajam. Terlebih jika kondisi objek foto ditemani berbagai cahaya lampu, hasilnya tampak indah. Ternyata itu berkat dukung fitur khas Asus, yaitu PixelMaster 5.0 yang membuat tampilan foto makin sempurna.

Begitu juga dengan hasil foto bokehnya, bisa dikatakan tidak kalah dengan tangkapan kamera DSLR. Objek foto di bagian terlihat begitu tajam, sedangkan background-nya terlihat blur dengan tampilan yang natural. Hasil foto bokeh terlihat alami, di mana objek foto di depan bertampilan fokus bisa dipisahkan dengan sempurna dengan background yang blur. Asyiknya lagi untuk masuk ke mode efek bokeh, cukup dengan menekan ikon foto bokeh yang sudah disediakan.

Begitu juga ketika ingin memotret dengan sudut pengambilan yang lebih lebar, kamu cukup mengklik icon mode wide angle (berlogo segitiga) yang sudah disediakan di dekat tombol shoot. Ini berguna ketika kamu ingin memotret sekumpulan orang (foto grup) atau pemandangan luas.

Kamera Selfie

Buat kamu yang doyan melakukan foto selfie, jangan khawatir, kamera depan di Smartphone Asus Zenfone 5 juga bisa diandalkan. Kamera ini dilengkapi mode Auto, Beauty, Selfie Panorama dan GIF Animation. Juga disediakan pengaturan HDR, Photo Ratio, Efek Bokeh dan Lampu Flash.

Pada mode Beauty, kamu bisa mengatur kamera depan agar menghasilkan foto selfie yang lebih bagus. Di sini disediakan pilihan Skin Tone, Soften Skin, Brighten Skin, Enhanace Eyes, Thin Cheek. Kamu bisa mengatur tampilan kulit wajah, bulatan mata hingga ketebalan pipi. Atau kalau gak mau repot, cukup pilih mode Auto Beauty, dan biarkan kamera yang memilih setingan terbaik. Kamu juga bisa memotret foto selfie bokeh, jadi wajah akan terihat fokus dengan latar belakang blur.

Untuk memotret foto selfie wide angle, disediakan mode Selfie Panorama. Pengguna harus menggerakkan kamera Smartphone ini ke arah samping kanan dan kiri.

Oiya, kamera depan ini juga bisa digunakan untuk fitur keamanan Face Unlock. Yaitu membuka layar yang terkunci dengan cara mendeteksi wajah pengguna. Ini melengkapi fitur keamanan lain berupa sensor Fingerprint. Kinerja kedua fitur keamana ini juga bisa diandalkan, karena bisa membuka kunci layar dengan cepat. Asus mengklaim bisa membuka kunci layar secepat 0,3 detik dengan cara Fingerprint.

Baca juga : Ini Beda Hp Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z

Fitur Artificial Intelligence

Smartphone Asus Zenfone 5 juga sudah mengikuti tren teknologi saat ini, yaitu teknologi Artificial Intelligence (AI). Smartphone ini sudah dibekali dengan sederet fitur berbasis teknologi AI. Seperti fitur AI Camera yang bisa memahami kebutuhan saat memotret, jadi pengguna cukup fokus pada objek foto tanpa harus bingung menentukan setingan kamera yang tepat. Karena semua itu bisa dikerjakan oleh AI Camera.

Adapun fitur AI Camera terdiri atas AI Scene Detection yang akan mendeteksi berbagai macam scene atau tampilan objek foto yang ditangkap, yang kemudian kamera akan melakukan penyetingan agar hasil foto bisa maksimal. Ada juga AI Photo Learning yang membuat kamera bisa mempelajari tangkapan kamera yang dilakukan pengguna, yang nantinya akan dijadikan referensi dalam penyetingan kamera saat melakukan pemotretan selanjutnya.

Buat yang gemar foto selfie, juga ada fitur Real Time Beautification yang bisa mendeteksi wajah pengguna, lalu akan melakukan touch up yang sesuai sehingga hasil foto selfie terlihat bagus sekaligus natural.  Fitur lainnya yaitu AI Display, yang membuat layar tetap menyala selama wajah pengguna masih terdeteksi oleh layar. Selain itu ada juga AI Display Auto Color Temparature yang bisa mengatur tingkat kecerahan dan kejelasan layar di berbagai kondisi.

Asus Zenfone 5 juga dilengkapi AI Boost yang sanggup meningkatkan performa dari smartphone ini. Ada juga fitur AI Charging yang bisa membuat baterai bertahan lebih lama sekaligus menjaga baterai awet lebih lama. Apalagi ditambah dengan fitur Asus BoosMaster yang membuat proses charging baterai bisa berjalan lebih cepat, sehingga tidak butuh waktu lama saat charging. Dan yang terakhir ada fitur AI Ringtone yang bisa mengatur volume ringtone sesuai kondisi di sekitar.

Performa Kencang

Asus Zenfone 5 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 Octa-Core 14nm. Prosesor buatan Qualcomm ini diklaim memiliki performa 50%-100% lebih kencang dibandingkan seri prosesor sebelumnya yaitu Snapdragon 625 dan 630.

Prosesor ini juga membawa kemampuan efisiensi penggunaan sumber daya baterai yang sudah ditawarkan seri prosesor pendahulunya. Namun pada kemampuan Snapdragon 636 lebih hebat lagi soal efisiensi, karena mampu memberikan 40 persen peningkatan performa secara umum, dan 10 persen peningkatan performa untuk gaming dan browsing dibandingkan snapdragon 630. Jika dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 625, peningkatan performa yang ditawarkan oleh snapdragon 636 sangat signifikan. Performanya bisa mencapai 50 persen lebih tinggi.

Selain itu juga didukung RAM 4GB dan memori internal 64 GB. Dengan kekuatan itu, Smartphone Asus ini mampu menangani berbagai macam aktivitas yang dijalankan. Termasuk dalam menjalankan berbagai konten ‘berat’.

Ini terbukti dari review Asus Zenfone 5 yang kami lakukan. Terutama ketika kami coba gunakan untuk menonton video streaming YouTube, menonton video berresolusi HD hingga memainkan game online bergrafis ‘berat’. Kami mencoba bermain beberapa game online yang sedang tren saat ini, seperti PUBG dan Mobile Legends. Tampilan grafis game tersebut bisa dijalankan dengan mulus tanpa nge-lag, termasuk tidak ada kendala dengan masalah frame rate-nya. Berbagai gerakan dalam gameplay bisa berjalan lancar.

Untuk membuktikan seberapa hebat performa Asus Zenfone 5, kami mengukurnya dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dan berikut ini hasilnya :