Review Xiaomi Mi Note 10 Pro – Cuma Andalkan Fitur Kamera 108 MPix ?

GadgetSquad.id – Xiaomi menggebrak pasar Tanah Air dengan smartphone baru Mi Note 10 Pro. Sebelum membahas lebih dalam soal Xiaomi Mi Note 10 Pro, mungkin pembaca sudah mengetahui bahwasanya smartphone ini membawa keunggulan, salah satunya dari sektor fotografi dengan kamera 108 MP-nya. Itu tidak salah, tetapi sejatinya selain membawa keunggulan dari alat bidik momennya, masih ada sejumlah hal menarik yang tertanam di Xiaomi Mi Note 10 Pro untuk para penggunanya. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Desain

Seperti  telah disebut di atas, Xiaomi Mi Note 10 Pro tidak hanya sekadar ingin tampil dengan fitur kamera mumpuni. Soal racikan bodi, smartphone ini juga patut diacungi jempol. Pertama, Xiaomi Note 10 Pro sudah mengadopsi desain flagship dengan layar berkonsep ‘edge display’. Hal ini membuat smartphone nampak elegan dan nyaman digenggam.

Sementara bagian belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro ditutup dengan panel berbahan polikarbonat yang telah mendapat sapuan warna metalik membuatnya terlihat kinclong sekaligus sedikit terasa licin. Secara keseluruhan bodi Mi Note 10 Pro diracik dengan bahan kaca di area depan dan bingkai alumunium serta panel belakang policarbonat. Menariknya, baik area depan maupun belakang smartphone, keduanya sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5.

Xiaomi Mi Note 10 Pro 2

Layar Xiaomi Mi Note 10 Pro terbentang dengan diagonal 6.47 inci dan memiliki poni kecil ala tetesan air sebagai tempat sensor kamera depan berada. Dengan suguhan layar yang luas, smartphone ini diracik dengan dimensi 157,8 x 74,2 x 9,7 mm dan memiliki bobot 208 gram. Sejumlah komponen juga nampak terlihat di area luar smartphone, seperti tombol power dan tombol volume, port USB Type-C, IR blaster di ruas sisi atas, dan port audio 3.5 mm yang terletak di ruas sisi bagian bawah.

Baca juga : Xiaomi Mi Note 10 Pro Mendarat di Indonesia, Fitur dan Harganya ‘Gokil’ !

Oh iya, sudah tampil dengan desain apik, dalam paket penjualannya Mi Note 10 Pro juga sudah dilengkapi dengan casing tambahan. Casing ini tidak hanya bermanfaat untuk bumper untuk menahan guncangan, dengan adanya casing tambahan smartphone menjadi lebih kesat dan tidak licin, meski di sisi lain juga membuat bodi smartphone terasa menjadi lebih besar.

Layar

Tidak kurang-kurang, untuk urusan display Xiaomi Mi Note 10 Pro sudah mengadopsi teknologi layar AMOLED yang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya dari tingkat kontrasnya yang tinggi.

Selain itu, layar smartphone juga sudah mengadopsi spektrum warna standar DCI-P3, yang siap menyajikan pengalaman menonton lebih baik. Hal positifnya lagi, panel AMOLED yang diusung Mi Note 10 Pro juga sudah mendukung HDR10.

Adapun bila mengacu pada ukurannya, smartphone ini juga sudah tergolong memadai lantaran sudah menampilkan display berukuran 6.47 inci dengan resolusi full HD+ (1080 x 2340 piksel) yang terbentang dengan rasio 19,5:9. Jadi, dari sisi ketajaman, layar Mi Note 10 Pro tidak perlu diragukan lagi.

Xiaomi Mi Note 10 Pro 2 3

Guna memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi penggunanya, layar Mi Note 10 Pro juga sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Beralih ke sisi software, Xiaomi Mi Note 10 Pro datang mengusung Android Pie dengan MIUI 11 di atasnya. Seperti diketahui, MIUI merupakan tampilan antarmuka besutan Xiaomi yang dibuat sedemikian hingga menjadikan interaksi ber-smartphone menjadi lebih simpel dan mudah dengan fitur-fitur tambahan juga sudah disematkan di dalamnya.

Kamera

Sekarang saatnya kita bahas salah satu fitur unggulan di Xiaomi Mi Note 10 Pro. Seolah tidak ingin kalah ‘set’ dengan brand lain, Xiaomi membekali smartphone anyarnya ini dengan fitur 5 kamera belakang dengan resolusi sensor utamanya yang berada di angka 108 MP (f/1.69).

Itu baru sensor utamanya, empat sensor lain yang menemani juga tidak kalah apik. Misalnya di bagian paling atas ada kamera telephoto dengan resolusi 5 MP (f/2.0) yang memiliki kemampuan optical zoom 5x. Selain itu juga ada sensor 12 MP (f/2.0) yang berfungsi sebagai kamera portrait yang menyajikan fitur dual-pixel autofocus dan memiliki kemampuan optical zoom 2x.

Xiaomi Mi Note 10 Pro 2 4

Lensa ketiga, tak lain adalah sensor utama Mi Note 10 Pro yang menawarkan resolusi hingga 108 MP dengan OIS 4 Axis yang menjanjikan kualitas gambar tajamdan tidak goyang ketika dijepret. Selanjutnya ada ensa ultra-wide angle beresolusi 20 MP dengan aperture f/2.2. Sesuai dengan fungsinya, lensa ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan sudut pandang hingga 117 derajat. Selain empat sensor tadi, Mi Note 10 Pro juga memiliki satu sensor lainnya, yakni lensa 2MP yang berfungsi untuk mengambil foto makro.

Baca juga : 8 Alasan Kamu Harus Beli Xiaomi Redmi 8A

Berbekal spesifikasi kamera belakang sebagaimana telah disebutkan, hasil bidik Mi Note 10 Pro sudah sangat mumpuni untuk menghasilkan foto berkualitas baik. Dengan alat bidik utama beresolusi 108 MP, gambar hasil jepretan terlihat sangat tajam, bahkan ketika kita sudah melakukan perbesaran. Sementara dengan empat sensor tambahan, kita pun dibuat leluasa untuk melakukan eksplorasi kamera guna mendapatkan gambar sesuai keinginan.

Tidak lupa, untuk selfie, Mi Note 10 Pro juga sudah dibekali fitur kamera dengan resolusi sangat tinggi, yakni 32 MP (f/2.0). Alhasil, untuk yang suka selfie, sepertinya kamera depan yang diusung Mi Note 10 Pro sudah menjawab kebutuhan untuk itu.

Hardware

Bila ditilik dari harga jualnya yang Rp6 jutaan, banyak yang mengharapkan Mi Note 10 Pro datang mengusung chipset kelas flagship dari Qualcomm. Sayangnya, hal itu tidak terjadi, lantaran Xiaomi lebih memilih menggunakan Snapdragon 730G untuk Mi Note 10 Pro.

Kendati demikian, pemilihan Snapdragon 730G sepertinya bukan tanpa maksud. Mungkin saja, Xiaomi ingin menonjolkan Mi Note 10 Pro dari sisi kameranya, lalu dari sisi harga juga sepertinya perusahaan tidak ingin terlampau mengawang-awang. Jadi, dipilihanya Snapragon 730G masih tergolong masuk akal. Toh, chipset yang digunakan ini juga memiliki sejumlah kelebihan dan performa mumpuni. Sementara GPU Adreno 618  yang disempurnakan siap memberikan rendering grafis hingga 25% lebih cepat.

Selain prosesor, Xiaomi Mi Note 10 Pro juga dibekali dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Dengan memori internal ekstra besar, setidaknya membuat pengguna lebih leluasa, di mana tidak perlu mengkhawatirkan kapasitasnya bakal cepat habis.

Xiaomi Mi Note 10 Pro 2 6

Menariknya lagi, chipset Snapdragon 730G yang diusung Mi Note 10 Pro juga sudah memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming. Dengan fitur ini pengguna bisa dengan nyaman bermain game dengan fitur Wi-Fi Latency Manager dan Jank Reducer yang bakal terus menopang kemampuan game terbaiknya.

Tidak ketinggalan, Mi Note 10 Pro juga dibekali baterai ekstra besar, yakni 5260 mAh yang menariknya juga sudah dibekali fitur fast charging 30W yang memungkinkan baatera terisi penuh 100% dengan waktu 65 menit.

Kesimpulan

Tidaklah sulit untuk mengatakan bahwa Xiaomi Mi Note 10 Pro memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di segmen harganya.  Anggapan smartphone ini hanya mengandalkan fitur kamera 108 MP juga sepertinya cukup dini, mengingat berbagai kelebihan lain ternyata juga sudah dimiliki oleh Mi Note 10 Pro. Mulai dari racikan bodi yang cukup elegan, layar yang sudah AMOLED, baterai yang besar, serta sejumlah fitur pendukung lainnya, seperti NFC dan IR Blaster (remote control). Yang tidak kalah menarik, Mi Note 10 Pro juga sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar, fitur yang saat ini baru bisa dirasakan di smartphone dengan layar AMOLED.