Hp Sering Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

0

GadgetSquad.ID – Selain boros, salah satu kelemahan hp pintar adalah, sering overheat. Kedua permasalahan itu, memang sangat terkait dengan baterai.

Biasanya kedua permasalahan itu terjadi, lantaran pemakaian yang terlewat batas.

Jika Anda pernah atau bahkan sering mengalami baterai overheat beberapa langkah sederhana yang bisa digunakan, agar hp tidak gampang panas seperti setrika.

Diolah dari berbagai sumber, berikut tipsnya mencegah hp overheat

1. Instal Aplikasi Seperlunya
Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat hp cepat panas. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi hp overheat akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak menyebabkan ponsel sering hang.

2. Baterai Original
Jika baterai hp rusak, pastikan membeli yang original. Baterai original memiliki kualitas lebih baik dan sudah terjamin ketahanannya, walaupun harganya cukup mahal.

Baca Juga: Ini Beberapa Kesalahan Charge Hp Yang Bikin Baterai Gak Awet

3. Charge Secukupnya
Jika baterai sudah terisi penuh, sebaiknya segera hentikan proses charging. Jika terus dicharge, dapat menyebabkan batere hp cepat panas atau overheat.

4. Lepas Cover Pelindung
Sebaiknya jangan menutupi hp dengan cover pelindung yang terlalu tebal. Cover yang tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga hp menjadi cepat panas.

5. Biarkan Lubang Charger terbuka
Beberapa hp sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Sebaiknya port charger pada hp tidak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar hp tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating karena kurangnya udara masuk ke dalam hp.

Baca Juga: Stop, Jangan lagi Hemat Baterai Hp dengan Cara Ini!!!

6. Simpan hp di tempat dengan ventilasi baik
Simpanlah hp di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik atau berada di suhu ruangan ber-AC. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas hp itu sendiri.

7. Jangan Terlalu Sering Streaming
Jimlka terlalu sering menonton layanan streaming seperti YouTube, bisa mempercepat naiknya temperatur hp. Hal ini disebabkan karena proses streaming video membutuhkan data yang besar serta penggunaan RAM yang tinggi.

8. Matikan hp
Ini merupakan senjata pamungkas bagi hp yang mengalami overheat. Mematikan hp jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat hp menyala. Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur hp.