Review ASUS ROG Zephyrus S GX531: Bodi Makin Tipis, Kinerja Lebih Sadis

0

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)Asus tidak henti-hentinya memperbaharui produk laptop gaming mereka. Kali ini untuk seri ROG Zephyrus S GX531 yang merupakan kenehasi penerus dari seri GX501. Makin Tipis dan spesifikasi yang lebih mumpuni, laptop gaming ini kini punya kemampuan yang lebih baik. Bagaimana reviewnya? berikut penjelasannya.

Desain Tipis

ASUS ROG Zephyrus S GX531 diklaim sebagai laptop gaming tertipis di dunia. ROG Zephyrus S GX531 hanya memiliki ketebalan 15,75 milimeter dengan bobot 2,1 kilogram. Ini membuatnya sangat nyaman ditenteng atau dibawa secara mobile.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: Asus Hadirkan ROG G703GX, Laptop Gaming Pertama dengan GPU NVIDIA GeForce RTX

Meski tipis Asus membuat bodi Zephyrus S ini dengan material yang kuat. Pada bagian bodinya laptop ini dibuat dari satu blok alumunium tanpa sambungan yang membuatnya semakin solid.

ROG Zephyrus S GX531 juga hadir dengan desain engsel terbaru sehingga bodi menjadi lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Desain engsel seperti ini juga membuat posisi layar lebih dekat dengan penggunanya. Engsel layar menggunakan bahan zinc alloy sehingga lebih kuat.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: [Hands On] ASUS ROG Strix G703GX, Laptop Gaming Pertama di Indonesia dengan GeForce RTX 2080

Desain bingkai layar lebih sempit membuat ukuran ROG Zephyrus GX531 lebih ringkas tanpa perlu mengorbankan ukuran layar. Alhasil laptop gaming dengan layar 15,6 inci inipun memiliki footprint layaknya laptop 14 inci.

Dengan dimensi yang lebih ringkas, lebih tipis, dan lebih ringan, ROG Zephyrus S GX531 sangat mudah dibawa kemanapun sebagai laptop gaming atau sistem performa tinggi untuk komputasi berat dan masif.

Tombol kini tidak lagi bersatu dnegan keyboard utama. Selain itu desain keyboard ASUS ROG Zephyrus S ini juga lebih ergomonis, bahkan sudah dibekali dengan lightning RGB yang bisa diatur sesuai keinginan. Yang membedakan laptop gaming ini dengan lainnya adalah penempakan touchpad yang beada disamping keyboard, bahkan bisa dialih fungsikan sebagai numpad.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: Asus Bakal Rilis Lagi 2 Laptop Asus ROG Strix Dengan Harga Lebih Murah

Konektivitas

Untuk kelengkapan koneksi, ROG Zephyrus S GX531 kini sudah memiliki port yang lebih lengkap. Pada sisi-sisinya terdapat 1x USB3.1 Gen2 Type-C dengan DisplayPort 1.2 dan Power Delivery, 1x USB3.1 Gen 1 Type-C, 1x USB3.1 Gen2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 2.0, 3.5mm headphone dan microphone combo jack serta Kensington lock.

Layar Keren

Untuk tampilan layar laptop supata bisa memanjakan penggunanya, ROG Zephyrus S GX531, meggunakan ukuran 15.6-inch resolusi Full HD. Dengan teknologi panel IPS 100% sRGB membuatnya mampu menghasilkan warna yang lebih baik. Selain itu juga pengguna masih dapat melihat tampilan dengan jelas meski pada sudut sempit sekalipun.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: ASUS ROG G703GX, Laptop Berbasis GeForce RTX 2080 Pertama di Indonesia

Untuk mendukung pengguna saat main game, layar ROG Zephyrus S GX531 juga memiliki refresh rate 144Hz dengan response time 3ms. Dengan begitu game dapat ditampilkan dengan sempurna dan tidak membuat mata menjadi lelah.

Dengan layar ini maka ROG Zephyrus S GX531, menjadi laptop gaming generasi terbaru yang dapat disetarakan dengan produk monitor gaming premium yang ada di pasaran saat ini.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: Review ASUS ROG Zephyrus S GX531: Bodi Makin Tipis, Kinerja Lebih Sadis

Kenerja Lebih Sempurna

Meski memiliki desain tipis, tapi ASUS ROG Zephyrus S GX531 punya dapur pacu yang lebih mumpuni dari pendahulunya. Dari sisi kinerja terdapat prosesor Intel Core i7-8750H. Intel Core generasi ke-8 ini merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur 14nm, sehingga lebih hemat daya. Namun begitu performa prosesor ini sangat kencang dengan kecepatan hingga 4.0GHz, serta memiliki konfigurasi 6 core 12 thread.

Prosesor tersebut masih didukung pula dengan RAM 16GB dual-channel. Jadi ROG Zephyrus S GX531 sudah pasti sangat mumpuni untu menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Untuk penanganan grafis saat main game atau render video, laptop gaming ROG terbaru ini memiliki kartu grafis yang juga sangat baru, yakni NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan memory 6GB. Dengan Max-Q dari NVIDIA membuatnya bisa terlihat tipis, sehinga bodi jadi lebih tipis.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)

Baca juga: Lewat Program Spirit of Millennials Games Day 2018, Telkom dan BUMN Gelar Turnamen PUBG

Belum lagi ASUS juga sudah menyediakan menyediakan SSD M.2 NVMe berkapasitas 512GB. Dnegan begitu kinerja loading saat membuka aplikasi dan game jadi lebih capat dan nggak lelet.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya maka tidak diragukan jika laptop ini mampu memainkan game-game terkini, Spereit FarCry 4. Seperti pada pengujian yang kamu lakukan pada game ini, kam dapat memainkannya dengan lancar tanpa ada masalah.

Performa ROG Zephyrus S GX531 dalam menjalankan game-game terkini juga terbilang sangat mumpuni, karena laptop ini mamu mendapaykan kisaran framerate sampai dengan di atas 60 FPS pada settingan High.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 (1)