Review Samsung Galaxy Tab A 8.0: Tablet Ramah Anak, Harga Terjangkau

 

Review Samsung Galaxy Tab A

Meski pangsa pasar tablet semakin turun, Samsung tetap konsisten meluncurkan tablet terbarunya. Yakni Samsung Galaxy Tab A. Dan ini adalah review Samsung Galaxy Tab A 8.0

Selain berlayar lebar, Samsung Galaxy Tab A hadir dengan dukungan spesifikasi dan desain yang cukup memikat. Apa saja keunggulan dari tablet ini? simak video berikut ini

Desain

Samsung Galaxy Tab A memiliki desain elegan berbahan metal. Bahan tersebut mampu menghadirkan kesan lebih kokoh jika dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan bahan plastik. Pada bagian belakang sedikit melengung membuatnya nyaman untuk dipegang.

Pada bagian atas terpampang logo Samsung yang disertai pula oleh deretan sensor penting sang perangkat seperti kamera, proximity dan lain-lain.

Review Samsung Galaxy Tab A

Memiliki desain tipis desain tipis dibandingkan tablet lain, Samsung Galaxy Tab A layar 8 inci. Sehingga sangat nyaman untuk pengguna yang ingin melakukan brosing di internet atau menoton video.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab Active 2, Tablet Tahan Banting Kuat Disegala Cuaca

Layar

Berbekal layar luas beresolusi 1280 x 800 piksel, tablet ini juga mampu menyuguhkan tampilan gambar dengan ketajaman dan detil.

Apalagi tablet ini juga sudah dibekali dengan Bluelight Filter. Fitur ini membantu mencegah mata tetap terjaga akibat pancaran sinar biru.

Dibawah layar terdapat tombol Home khas Samsung yang ditemani dengan tombol back dan recent apps.

Sayanynya ketiga tombol ini tidak dilengkapi lampu backlight, sehingga agak sulit menggunakanya dalam kondisi ruang redup atau gelap.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab Active 2, Tablet Kuat dan Tahan Disegala kondisi

Interface

Tablet yang didukung dengan OS operasi Android 7.1 Nougat dengan interface Samsung Experience 8.5.  terbaru ini memiliki tampilan yang dengan smartphone Samsung. Sentuhan tersebut menjadikan tampilan antarmuka tablet ini lebih rapi dan mudah untuk dinavigasikan.

Interfacenya masih dibekali dengan app drawer. Untuk dapat mengakses laci aplikasi pada tablet ini, kamu tinggal mengusap layar dari bagian bawah ke atas, atau sebaliknya. Cara serupa juga dapat dilakukan untuk menutup laci aplikasi tersebut.

Review Samsung Galaxy Tab A

Sayangnya, Samsung juga tidak membekali tablet ini dengan banyak dukungan aplikasi bawaan, dan hanya sejumlah aplikasi unggulannya termasuk Secure Folder, S Lime, dan Samsung Flow.

Tapi untungnya Samsung membekali Galaxy Tab A (2017) dengan Kids Mode, sehingga aman untuk digunakan pada anak-anak. Tidak hanya itu, Samsung juga membekali Galaxy Tab A (2017) dengan asisten pribadi virtual Bixby.

Baca Juga: Cara Bersihkan Layar Sentuh Smartphone atau Tablet (Android, iOS, BlackBerry)

Asisten virtual ini dapat diakses dengan mengusap layar Home dari kanan ke arah kiri. Namun untuk dapat memanfaatkan asisten pribadi virtual ini, kamu harus memiliki akun Samsung.

Kamera

Samsung tidak membekali Galaxy Tab A (2017) dengan dukungan kamera berkualitas tinggi. Tapi, kamera tablet ini cukup mampu menghadirkan hasil foto yang terbilang baik pada kondisi pencahayaan cukup.

Sisi belakangnya menyematkan kamera berukuran 8 megapiksel yang dibekali oleh diafragma lensa f/1.9, HDR dan autofokus. Sedangkan untuk kebutuhan selfie telah bercokol sensor dengan resolusi 5 megapiksel. Mode beauty yang disisipkan juga siap mempercantik hasi jepret swafoto pengguna baik di saat sendiri maupun bersama teman.

Review Samsung Galaxy Tab A

Sedangkan pada hasil foto pada kondisi pencahayaan redup, masih ditemukan gangguan noise yang cukup terlihat pada hasil foto kamera depan dan belakang.

Baca Juga: ​Samsung Galaxy Tab J, Tablet 7 Inci Harga Murah

Meskipun demikian, Samsung turut menghadirkan mode yang tengah menjadi tren pada kamera depan, yaitu Wide-Selfie. Mode ini memungkinkan kamu untuk memotret diri dengan sekelompok teman dengan ruang potret lebih luas. Sehingga dapat mengakomodasi kamu yang suka selfie.

Review Samsung Galaxy Tab A

Selain itu, tablet ini juga berbekal mode Sound & Shot, memungkinkan Anda memotret dan didampingi rekaman audio selama sembilan detik.

Didalamnya pengguna dibekali sejumlah ftur pada kamera belakang umumnya, termasuk panorama. Tidak ketinggalan, Samsung juga membekali tablet ini dengan mode potret Animated GIF.

Review Samsung Galaxy Tab A

Ada juga mode potret Sport, menawarkan kemampuan autofocus lebih cepat dari mode lainnya, sehingga memungkinkan Anda saat memotret aktivitas dengan pergerakan cepat dengan lebih mudah.

Performa

Didukung Qualcomm Snapdragon 425 quad-core 1,4GHz dan RAM 2GB, tablet ini mampu menyuguhkan performa yang memadai saat digunakan untuk memutar video, dan browsing.

Sayangnya saat melakukan proses multitaskin dan aplikasi yang berat, Tablet ini nampak kurang mulus pada kinerjanya.Terutama saat memainkan game berat seperti Ashpalt 8: Airborne.

Baca Juga: Lenovo Perkenalkan ThinkPad 10, Tablet Berbasis Windows 10 Anyarnya

Saat diuji dengan menggunakan aplikasi antutu benchmark, tablet ini mampu mendapatkan score 34 rribuan.

Untuk penyimpanan tablet ini juga terbilang kecil, yakni hanya 16GB, tapi kamu tidak perlu khawatir karena masih ada slot memori eksternal, sehingga masih bisa ditambahkan hingga kapasitas 128GB.

Sayangnya, Tab A 2017 ini hanya menyiapkan satu slot kartu SIM yang berdampingan dengan slot kartu microSD.

Review Samsung Galaxy Tab A

Saat diuji dengan aplikasi benchmark, baterai tablet yang berkapasitas 5.000 mAh ini mampu bertahan selama sekitar 9 jam.

Sedangkan saat digunakan untuk menonton video secara terus-menerus, baterai tablet ini mampu bertahan sekitar 7 jam.

Namun begitu, tablet ini masih dapat dimanfaatkan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Baca Juga: Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Tercebur ke Laut, Langsung Rusak Atau Masih Hidup?

FItur Khas

Tablet ini juga memiliki sejumlah fitur yang mencakup hemat baterai, penyimpanan, memori, keamanan perangkat dan hemat ultra data.

Fitur keamanan perangkat misalnya, dapat memindai segala macam ancaman keamanan yang ada. Folder aman juga disiapkan untuk menyimpan data pribadi pengunanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan data sensitif ke dalam folder yang bisa dikunci menggunakan Pola, PIN atau kata sandi.

Ada juga fitur multiwindow. Dengan luasnya layar, maka jendela aplikasi yang aktif dapat Anda sesuaikan besarannya. Mode picture-in-picture yang oleh Samsung disebut Pop Up Video Play juga terintegrasi pada pemutar video miliknya.