Ini Detil Perbedaan Laptop Asus Zenbook 13/14/15, Jangan Salah Pilih!

0

GadgetSquad.id – ASUS mengawali 2019 dengan memperkenalkan tiga ZenBook terbaru, yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533. Ketiganya merupakan laptop paling kecil di kelasnya berkat bezel-nya yang sangat tipis pada keempat sisi layarnya. Meski memiliki bodi yang sangat ringkas, tiga ZenBook terbaru ini tetap hadir dengan performa kencang berkat penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-8.

laptop asus zenbook

Tiga ZenBook terbaru tersebut juga memiliki perbedaan. Sesuai dengan namanya, ZenBook 13 UX333 hadir dengan layar 13 inci sementara ZenBook 14 UX433 memiliki layar 14 inci. Terakhir ZenBook 15 UX533 mengusung layar 15 inci dengan tambahan berupa keyboard yang menggunakan layout full-size. Tetapi apa hanya itu saja perbedaannya?

Dilengkapi Fitur Premium

ZenBook merupakan jajaran laptop yang sejak awal dihadirkan sebagai produk premium. Tak heran sejumlah fitur eksklusif pun dihadirkan di dalam jajaran laptop ini, tidak terkecuali pada tiga ZenBook terbaru yang baru saja dirilis.

Fitur premium pertama adalah teknologi NanoEdge Bezel yang memungkinkan bezel pada layar ZenBook terbaru hadir dengan ukuran yang sangat kecil. Pada ZenBook 13 UX333 misalnya, ukuran bezel pada layarnya hanya 2,8 milimeter pada bagian paling tipis dan 5,9 milimeter pada bagian paling tebal.

Hebatnya, bezel tipis di seri ZenBook terbaru tidak hanya dihadirkan pada dua atau tiga sisi layarnya, tetapi keempat sisinya. Hal tersebut yang membuat ZenBook terbaru tampil sebagai laptop paling ringkas di dunia. Membuat bezel layar semakin tipis memang terbukti dapat memperkecil ukuran laptop karena ukuran bezel mempengaruhi langsung ukuran bodi laptop.

Berbicara soal layar, seri ZenBook terbaru menggunakan layar bersesolusi Full HD dengan tingkat reproduksi warna pada color space sRGB hingga 100%. Artinya, warna yang ditampilkan pada layar laptop ini sudah sangat mumpuni sehingga konten multimedia pun dapat dinikmati lebih nyaman.

laptop asus zenbook

Layar seri ZenBook terbaru juga didukung dengan viewing angle yang sangat lebar, yaitu mencapai 178 derajat, serta tampak lebih lega berkat bezel-nya yang sangat tipis. Dengan spesifikasi tersebut, ZenBook terbaru sangat bisa diandalkan untuk menikmati konten hiburan hingga bekerja, khususnya bagi para profesional kreatif yang memerlukan laptop dengan tingkat reproduksi warna sangat baik.

Fitur premium selanjutnya adalah ErgoLift Design, yaitu mekanisme khusus yang membuat bodi seri ZenBook terbaru terangkat ketika layarnya dibuka. ErgoLift Design merupakan mekanisme khusus yang memanfaatkan sisi bawah layar sebagai tumpuan sehingga bodi utama laptop ini dapat terangkat dan membentuk sudut 3 derajat.

Baca juga : Asus VivoBook Pro F560UD, Laptop Baru Harga Rp12 Jutaan Ini Keunggulannya!

Mekanisme ini memberikan beberapa manfaat penggunaan, salah satunya adalah membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Karena bodi utamanya – yang juga merupakan tempat untuk keyboard – terangkat, posisi telapak tangan menjadi tidak datar ketika mengetik dan membuat lengan tidak mudah pegal.

Selain itu, ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin dan audio di seri ZenBook terbaru kali ini menjadi lebih baik. Karena bodinya terangkat ketika digunakan, seri ZenBook terbaru memiliki rongga ekstra di bagian bawah bodinya sehingga aliran udara dan suara dapat didistribusikan secara lebih baik.

ASUS juga memperkuat sistem keamanan pada seri ZenBook terbaru melalui penggunaan kamera 3D khusus. Kamera tersebut memungkinkan seri ZenBook terbaru untuk memindai wajah pengguna dan mengintegrasikannya dengan sistem keamanan Windows Hello. Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengetik password untuk masuk ke dalam sistem Windows.

laptop asus zenbook

Perbedaan Tiga ZenBook Baru

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS menghadirkan tiga varian ZenBook terbaru kali ini yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533. Ketiganya bisa dikatakan sebagai saudara dekat karena memiliki banyak persamaan, khususnya pada fitur premium yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Meski demikian, ketiganya masih memiliki perbedaan. Apa saja? Berikut adalah perbedaan di tiga varian ZenBook terbaru.

  1. Dimensi

Sesuai dengan namanya, masing-masing varian ZenBook terbaru merepresentasikan ukuran layar yang diusungnya. ZenBook 13 UX333 hadir dengan layar 13 inci sementara ZenBook 14 UX433 memiliki layar 14 inci. Terakhir ZenBook 15 UX533 mengusung layar 15 inci.

Karena masing-masing mengusung layar yang berbeda, otomatis ukuran bodinya juga berbeda. Meski demikian, setiap varian ZenBook terbaru merupakan laptop paling ringkas di kelasnya. Bahkan ZenBook 13 UX333 memiliki ukuran lebih kecil daripada kertas A4.

2. Touchpad dan NumberPad

Ada fitur yang unik di seri ZenBook terbaru. Kali ini ASUS menghadirkan fitur NumberPad, yaitu kombinasi antara touchpad dan numpad. Fitur ini hanya ada di ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 karena bodi dua laptop ini sangat ringkas sehingga tidak memungkinkan untuk dipasang numpad pada keyboard-nya. Sebagai gantinya, ASUS menghadirkan NumberPad.

Pada NumberPad, pengguna bisa mengganti mode penggunaan dari mode numpad ke touchpad dan sebaliknya hanya dengan menekan ikon NumberPad yang berada di pojok kanan atas touchpad. Ketika mode numpad aktif, touchpad akan menampilkan tombol-tombol virtual yang bisa digunakan layaknya numpad.

Fitur ini tidak dihadirkan di ZenBook 15 UX533 karena laptop tersebut sudah memiliki ukuran yang cukup besar untuk mengusung tombol numpad fisik di keyboard-nya.

3. Spesifikasi

Berbicara spesifikasi, tiga varian ZenBook terbaru kali ini memang mengusung spesifikasi yang serupa. Namun ada beberapa yang membedakan ketiganya. Sekali lagi, ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 hadir dengan spesifikasi yang sama. Varian tertingginya menggunakan prosesor Intel Core i7-8565U serta ditenagai oleh chip grafis NVIDIA MX150.

Memori serta penyimpanan yang diusung pun sama, yaitu menggunakan RAM DDR4 sebesar 8GB dan penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD hingga 512GB. Untuk pengguna yang lebih kasual, ASUS juga menghadirkan model tanpa discrete GPU, memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil, serta menggunakan prosesor Intel Core i5-8265U. Berikut ini perbedaan performa di antara ketiganya:

Berbeda dengan dua saudaranya, ZenBook 15 UX533 tampil dengan spesifikasi yang sedikit berbeda dan lebih powerful. Selain hanya hadir dalam satu model, ZenBook 15 UX533 juga dibekali GPU yang lebih powerful serta kapasitas memori yang lebih besar.

ZenBook 15 UX533 ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce GTX1050 Max-Q dan dibekali memori DDR4 sebesar 16GB. Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa laptop ini merupakan varian dengan performa paling powerful di antara tiga ZenBook terbaru. Bahkan dengan spesifikasi tersebut, ZenBook 15 UX533 masih dapat diandalkan untuk bernmain game.

4. Baterai dan Port

Perbedaan terakhir pada tiga seri ZenBook terkini terdapat di jenis port yang diusung serta spesifikasi baterainya. ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 dibekali baterai lithium-polymer 3-cell 50Wh. Sedangkan ZenBook 15 UX533 yang memiliki bodi lebih besar dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih besar yaitu 4-cell 75Wh.

ZenBook 15 UX533 juga memiliki perbedaan dalam jenis port yang disajikan. Karena ukurannya lebih besar dari dua saudaranya, laptop ini dapat hadir dengan slot SD card. Sementara itu, ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 dibekali dengan slot MicroSD.

Mana yang Cocok ?

Dari tiga varian ZenBook terbaru yang ditawarkan oleh ASUS kali ini, mana yang paling tepat untuk Anda? Semua itu kembali ke kebutuhan penggunaan karena masing-masing varian menawarkan fitur dan spesifikasi yang berbeda.

ZenBook 13 UX333 merupakan laptop yang cocok dipinang jika Kamu lebih mementingkan mobilitas dan portablitias di atas segalanya. Bentuknya yang sangat ramping membuatnya sangat mudah untuk dibawa bepergian. Sementara spesifikasinya yang mumpuni memastikan Kamu tetap dapat bekerja atau menikmati konten hiburan dengan leluasa tanpa hambatan.

Baca juga : ASUS ROG Strix G703GX, Laptop Gaming Pertama di Indonesia dengan GeForce RTX 2080

Di sisi lain, ZenBook 14 UX433 adalah untuk Kamu yang ingin memiliki laptop ramping seperti ZenBook 13 UX333 namun tidak mau menggunakan layar 13 inci. Mengingat spesifikasi dan harganya yang sama, ZenBook 14 UX433 merupakan pilihan yang tepat jika Kamu memang menginginkan laptop dengan layar lebih lebar meski ukurannya sedikit lebih besar dari ZenBook 13 UX333.

Sementara itu, ZenBook 15 UX533 sangat cocok digunakan untuk para profesional kreatif yang banyak bekerja secara mobile. Selain memiliki layar yang lebih besar sehingga lebih nyaman ketika menjalankan aplikasi profesional, laptop ini juga memiliki spesifikasi yang lebih powerful dari dua saudaranya. Baterainya juga memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga bisa lebih diandalkan untuk bekerja secara mobile.

Main Spec. ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)

Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory Up to 16GB LPDDR3 RAM
Storage Up to 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 13,3” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX333)

14” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX433)

15,6” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX533)

Graphics Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)

Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)

Integrated Intel UHD Graphics 620 (UX333 & UX433)

Input/Output 1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)

73WHrs 4-cell battery (UX533)

Dimension (WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)

(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)

(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)

Weight 1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)

1,67Kg with Battery (UX533)

Colors Royal Blue, Icicle Silver (UX333, UX433), Burgundy Red (UX333, UX433)
Price Start from Rp15.299.000
Warranty 2 tahun garansi global