Compare Video Slow Motion OPPO F9 vs Samsung Galaxy Note 9

Kamera masih menjadi fitur favorit yang dipertimbangkan pengguna saat memilih Hp. Gak heran jika para vendor smartphone terus berlomba-lomba menyuguhkan fitur kamera yang dibekali dengan berbagai kemampuan canggih. Salah satunya fitur Video Slow Motion.

video slow motion

Dengan Fitur Video Slow Motion memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan gerakan yang diperlambat. Sehingga hasil videonya akan terlihat lebih lambat dibandingkan hasil rekaman video biasanya. Dan kamera yang ada di Hp terbaru saat ini sudah bisa melakukan perekaman video slow motion, tanpa pengguna harus melakukan pengeditan video.

Fitur Video Slow Motion sudah tersedia di beberapa seri Hp terbaru yang sudah diluncurkan di pasaran. Diantaranya yaitu pada Samsung Galaxy Note 9 dan juga OPPO F9. Tapi ternyata masing-masing Hp tersebut memiliki kemampuan dan hasil yang berbeda dalam menjalakan fitur Video Slow Motion.

Super Slow Mo di Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 menyediakan fitur yang dinamakan ‘Super Slow-Mo’. Pengguna cukup aktifkan kamera, maka di tampilan kamera aktif pada layar Hp akan ditemukan fitur tersebut. Fitur ‘Super Slow-Mo’ bisa dibilang bekerja secara otomatis.

Begitu pengguna meng-klik fitur ‘Super Slow-Mo’ , maka kamera bersiap untuk merekam video dalam gerak lambat. Ini ditandai dengan muncul area kotak di tampilan layar yang menjadi area dimana kamera akan menangkap objek video dan merekamnya dalam gerak lambat. Jadi pastikan objek yang bergerak masuk dalam area kotak tersebut.

Jika sudah siap, pengguna cukup klik ikon tombol recording yang berwarna merah. Maka kamera akan bekerja secara otomatis untuk merekam video dengan gerak lambat. Begitu tombol tersebut diklik, maka kamera akan mendeteksi gerakan yang ada di area kotak.

Baca juga : Rekomendasi Hp Snapdragon 660 Terbaik dengan Harga terjangkau

Sayangnya proses pendeteksian ini terkadang memerlukam waktu beberapa detik sebelum kamera mulai merekam video slow motion. Jadi terkadang terjadi keterlambatan antara objek video yang bergerak dengan proses perekaman video. Yang membuat hasil video slow motion tidak sesuai keinginan.

Selain itu durasi dari rekaman video gerak lambat ini juga ditentukan sendiri oleh kamera pada Samsung Galaxy Note 9. Di mana biasanya durasi videonya selama 15 detik. Video tersebut juga tidak semua berisi gerak lambat. Pada awal dan akhir video masih terlihat rekaman video biasa, baru di tenga-tengah terlihat video gerak lambat.

Slow Motion di OPPO F9

OPPO F9 yang juga belum lama diluncurkan, juga sudah membawa fitur Video Slow Motion pada kameranya. Caranya juga terbilang mudah , pengguna cukup mengaktifkan fitur kamera, maka akan terlihat adanya pilihan menu Slow Motion.

Nah, berbeda dengan fitur Super Slow-Mo yang ada di Samsung Galaxy Note 9, fitur Slow Motion OPPO F9 bekerja secara manual. Dan ini yang menjadi keunggulan OPPO F9.  Maksudnya dalam melakukan perekaman video gerak lambat, pengguna bisa mengatur sendiri berapa lama durasi video slow motion yang ingin dilakukan.

Untuk mulai merekam video gerak lambat, klik fitur Slow Motion. Selanjutnya kamera akan langsung merekam video gerak lambat tanpa ada proses pendeteksian objek video. Sehingga tidak akan ada keterlambatan antara gerak objek video dengan proses rekaman yang dilakukan kamera. Selain itu pengguna bisa menentukan sendiri berapa lama video gerak lambat ini akan direkam. Begitu selesai, cukup klik tombol Stop.  Dan ini terasa lebih mudah dibandingkan yang dilakukan pada Samsung Galaxy Note 9

Hasil Video Slow Motion

Jika tadi kita membandingkan proses perekaman video gerak lambat, sekarang kita bandingkan hasilnya. Dari hasil video, terlihat ada perbedaan kemampuan kamera Samsung Galaxy Note 9 dan OPPO F9 dalam menghasilkan video slow motion.

Hasil video dari kamera Samsung Galaxy Note 9 memang memiliki kekurangan pada durasinya yang pendek. Tapi jika dilihat hasil video slow motion-nya, gerakan lambat pada video terlihat lebih lambat. Ini membuat video gerak lambat terlihat lebih dramatis.

Baca juga : Mau Beli Hp ? Ini Deretan Hp Terbaru Oktober 2018

Berbeda dengan hasil video dari kamera OPPO F9. Memang hasil videonya bisa berlangsung lebih lama, tapi terlihat gerakan lambat pada videonya tidak selambat video slow motion dari kamera Samsung Galaxy Note 9. Meski demikian, video slow motion pada OPPO F9 masih terbilang memuaskan.

Nah, yang menarik dari OPPO F9, setelah kita merekam video slow motion, ternyata bisa diedit lagi. Kita bisa menentukan bagian mana dari video yang gerakannya slow motion. Caranya mudah, cukup dengan menggeser tombol slider yang disediakan di timeline video.

Video Slow Motion Samsung Galaxy Note 9

Video Slow Motion OPPO F9 :