Reno6 Segera Hadir, Yuk Kenali HP OPPO Reno Series dari Generasi Pertama

HP oppo reno series

Tidak lama lagi OPPO Reno6 bakal hadir secara resmi di Indonesia. Seri andalan terbaru dari OPPO ini selalu dinantikan akan teknologi terbaru yang dibawanya. Sebelum Reno6 meluncur, kamu harus tahu secara lengkap OPPO Reno Series dari generasi pertama. Apa saja dan apa keunggulannya?

Reno merupakan seri smartphone adalan OPPO saat ini. Produk Reno series menjadi satu ciri khas dari Hp OPPO Reno yang mengkombinasikan seni dan teknologi.

Itulah mengapa OPPO Reno series merupakan lini seri Hp yang masuk ke dalam kelas High End Premium, yang mengunggulkan teknologi terkini dan dipadukan dengan desain berpenampilan mewah.

Reno sendiri yang diambil dari dari CREATIVE INNOVATION yang menggambarkan posisi dan target pasar dari seri Hp OPPO yang satu ini.

Dari awal peluncurannya Reno Series menjadi tonggak sejarah pada teknologi yang ada di pasar smartphone Indonesia. Seperti apa smartphone Reno Series ini dari generasi pertama hingga yang terbaru? berikut adalah ulasan lengkapnya.

Sejarah OPPO Reno series

Kehadiran OPPO Reno series dimulai sejak awal 2019. Uniknya, Reno Series pada awalnya diluncurkannya tanpa menggunakan nama Reno. Kehadiran Reno series diawali sejak kemunculan perangkat OPPO R17 Pro. Perangkat ini hadir dengan jargon “Selfie Expert” yang menjadikannya sebagai “Camera Phone”.

Perubahan ini membuat OPPO memfokuskan perangkatnya pada kemampuan fotografi. Salah satu yang diunggulkan pada HP ini adalah pada tiga kamera di bagian belakang yang salah satunya mengusung sensor TOF (Time Of Flight) 3D.

Teknologi ini punya keunggulan dalam penginderaan kedalaman 3D yang presisi. Sensor TOF selain dapat digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur jarak, panjang, luas dan sudut.

Selain itu, teknologi Sistem pengisian baterai ponsel, Super VOOC juga mulai diperkenalkan pada OPPO R17 Pro. Teknologi ini menjanjikan pengisian baterai dalam waktu singkat meski memiliki kapasitas baterai besar

Selebihnya Oppo R17 Pro hadir dengan layar 6,4 inch Full HD+ dengan dapur pacu prosesor Snapdragon 710, RAM 8GB dan memori internal 128 GB.

OPPO Reno

Dibulan April 2019 OPPO Reno series terbaru hadir lewat OPPO Reno. Masih unggulkan kamera, OPPO Reno memiliki inovasi baru dengan membawa desain Pivot Rising Camera. Desain ini bisa bergerak timbul tenggelam secara otomatis begitu fitur kamera depan diaktifkan. Selain untuk mengambil foto, kamera depan dengan resolusi 16MP ini juga bisa dimanfaatkan sebagai Face Unlock.

Untuk kamera belakangnya HP yang mengusung nama “Reno” pertama kali i juga membawa dua kamera belakang resolusi 48 MP dengan sensor IMX586 F/1.7 dan lensa 5 MP Depth of Field.

Dapur pacunya masih mirip dengan OPPO R17 Pro, OPPO Reno membawa Qualcomm yaitu Snapdragon 710 dua pilihan dengan RAM dan memori internal, yaitu RAM 6GB dengan memori internal 128GB dan RAM 8GB dengan memori internal 256GB. Teknologi pengisian daya cepat OPPO menyertakan Fast Charging VOOC 8.0.

HP ini memiliki ukuran layar 6,4 inch OLED dengan resolusi Full HD+, yang ditambahkan dengan sensor Fingerprint Display.

OPPO Reno 10x Zoom

Pada waktu yang tidak berselang jauh, Selain Reno pertamanya ada juga varian OPPO Reno 10x Zoom. Superior pada fitur kamera, HP ini dibekali triple camera pada bodi belakang, yang terdiri dari 48MP sensor IMX586 F/1.7, 8 MP kamera wide angle, dan 13 lensa telefoto. Kamera depannya sama-sama masih gunakan desain Pivot Rising Camera 16MP.

HP ini punya layar OLED yang lebih luas dengan 6.6 inci. Selain itu dapur pacunya juga menggunakan prosesor yang lebih mumpuni, yakni Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM 8GB dengan memori internal 256GB. Baterai OPPO Reno 10x Zoom memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, jadi tersedia pula Fast Charging VOOC 8.0.

OPPO Reno FC Barcelona Edition

Varian lain yang meluncur sebagai revolusi OPPO Reno yakni OPPO Reno FC Barcelona Edition. Meluncur di Indonesia pada bulan July 2019, Edisi khusus OPPO Reno 10x Zoom ini diperkenalkan dengan bekerjasama dengan klub sepakbola FC Barcelona. Kerja sama pada perangkat ini menawarkan perpaduan konsep teknologi dan seni.

Termasuk dalam HP OPPO Reno Series, yang membedakan pada produk ini dengan OPPO Reno 10x Zoom hanyalah pada desainnya saja. Menampilkan warna khas dari klub sepakbola Barcelona, yaitu merah dan biru dan tindak ketinggalan logo FC Barcelona dalam warna gold. Tampilan khas ini mulai dari box, bodi smartphone, dan beberapa kelengkapan lain yang ada di dalam box, termasuk juga disertakan casing.

OPPO Reno2

Di bulan Oktober 2019, OPPO Reno Series kembali melahirkan produk terbarunya melalui Reno2 Series yang terdiri dari perangkat Reno2 dan Reno2 F. Kedua produk ini sama2 mengunggulkan fitur kamera.

OPPO Reno2 ditanamkan 4 lensa kamera, yakni lensa 48 MP sensor Sony IMX586 f/1.7., lensa wide-angle 116 derajat berukuran 8 MP, lensa tele 13 MP f/2.4 dengan kemampuan 20x zoom, serta sensor monochrome 2 MP .

Baca juga: Mengenal Asal-Usul OPPO Reno Series

Fasilitas imaging Reno2 sudah memiliki fitur Portrait Mode 2.0 serta Ultra Steady untuk mengambil foto dan video lebih baik. Tak ketinggalan Ultra Dark untuk foto di kondisi minim cahaya. Untuk selfie, vendor asal China ini masih menerapkan pivot rising camera. Ukuruanya sendiri 16 MP.

Spesifikasi lain dari Oppo Reno2 adalah layar Dynamic AMOLED 6,55 inch Full HD+ dengan aspek rasio 20:9. Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 730G dengan RAM 8 GB dan memori internalnya 256 GB.

Sedangkan pada Oppo Reno2 F memakai sensor Samsung ICOCELL GM1 48 MP, kamera wide angle 8 MP, lensa monokrom 2 MP dan sensor depth 2 MP. Kamera depannya dibuat pop-up dengan ukuran 16 MP.

HP ini menggunakan layar AMOLED 6,53 inch dengan dapur pacu MediaTek P70 RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Sektor daya tahan, Oppo seri Reno2 dan Reno2 F disuplai baterai berkapasitas 4000 mAh.

Dari sisi harga dan fitur yang dimilikinya, menjadikan OPPO Reno2 sebagai Best Video Smartphone (GadgetSquad Reviewers’ Choice), Ini karena HP ini sanggup untuk menghasilkan video hingga kualitas [email protected]

Selain itu OPPO Reno2 juga jago untuk urusan video ini berkat sudah didukungnya berbagai fitur yang canggih. Fitur tersebut antara lain yaitu Ultra Steady Video dan Video Bokeh. Yang juga bikin OPPO Reno2 bisa diandalkan untuk membuat konten video adalah dengan adanya aplikasi video editor bawaan, SOLOOP.

OPPO Reno3 Pro

Reno Series

Masih jagokan kamera, di generasi smartphone HP Reno Series ini OPPO memasang 6 kamera, dimana ada 2 kamera depan dan 4 kamera belakang.

Untuk kamera selfie dilengkapi lensa 44 MP f/2.4 wide angle (2.6″ sensor, 0.7µm pixel size), dan kamera bokeh 2 MP f/2.4 (1.75µm pixel size). Kamera ini bahkan mampu merekam video mencapai 1920×720 di 30 fps. Didalamnya OPPO juga benamkan fitur ultra night selfie dengan sistem Artificial Intelligence (AI).

Baca juga: OPPO Reno Series – Generasi Smartphone OPPO untuk Kelas Premium

Tidak cuma kamera depan, kamera belakang OPPO Reno3 Pro membawa 4 kamera yang terdiri dari resolusi 64 MP wide angle f/1.8, sensor 1/1.72, 0.8um, lensa telephoto 13 MP f/2.4, sensor 1/3.4, 1.0um, kamera ultra wide dengan resolusi 8 MP f/2.2, sensor ¼.0, dan lensa mono 2 MP, 1.75 um. Kamera belakang OPPO mampu menghasilkan foto dengan resolusi mencapai 108 MP, dengan memanfaatkan fungsi AI pada kamera.

Kamera OPPO Reno3 Pro juga sangat lengkap untuk merekam video. Pada kamera depan mampu memproduksi video pada resolusi full HD 1080p dan 720p di 30 fps (frame per second). Sedangkan kamera belakang dapat menghasilkan resolusi 4K pada kecepatan 30fps.

Selebihnya OPPO Reno3 Pro didukung performa prosesor Chipset MediaTek Helio P95 yang didukung dengan RAM 8GB memori internal 256GB. Untuk tampilan layarnya hp ini didukung dengan jenis Super AMOLED Full HD+

Untuk fitur keamanan, selain face Unlock OPPO Reno3 pro juga udah dilengkapi sama fitur fingerprint di layar. Fitur Fingerprint saat digunakan sangat cepat dan akurat karena didukung dengan teknologi Hiden Fingerprint Unlock 3.0. Oppo juga masih memasukan Video Steady 2.0, video bokeh, video zoom, serta AI beauty mode.

OPPO Reno4 Pro

Reno Series

Setelah Reno3, kini giliran Reno4 Pro yang menjadi revolusi teknologi dari hp OPPO Reno Series.Masih unggulkan kamera, hp ini benamkan empat kamera di bodi belakang.

Kamera belakang ini memiliki konfigurasi lensa utama 48 MP, 8MP lensa ultra-wide dan masing-masing 2MP lensa makro serta bokeh. OPPO Reno4 Pro juga sudah dibekali kamera depan 32 MP yang tertanam di dalam sebuah punch-hole di pojok kiri atas layar.

Baca juga: Ingat! OPPO Reno6 Cuma Dijual di Shopee

OPPO Reno4 Pro telah dibekali dengan chipset Snapdragon 720G yang dikembangkan oleh Qualcomm. Berjalan dengan ColorOS 7.2, Reno4 Pro menggunakan RAM 8GB, serta internal 256GB.

OPPO Reno4 Pro dibekali baterai 4.000 mAh. Dialamnya ada teknologi SuperVOOC 2.0 65W, yang mampu mengisi baterai hingga 100% hanya dalam waktu 36 menit.

Layarnya Super AMOLED E3 ukuran 6,5 inci-nya dikemas dengan layar 3D Curved hingga 55,9 derajat, dengan keunggulan pada Borderless Sense 90 Hz.

OPPO Reno5 5G

Januari 2021, Reno5 dan Reno5 5G meluncur di Indonesia. Untuk yang Reno5 5G, Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia mengatakan Reno5 5G siap akan berjalan di jaringan 4G atau mendukung jaringan 5G di Indonesia. Ini berkat teknologi mendukung spektrum SA/NSA dual mode.

Baca juga: Oppo Reno2 dan Reno2 F Resmi Dirilis, Ini Dia Spesifikasi dan Harganya!

Kamera depan OPPO Reno series yang satu ini beresolusi 32MP, sedangkan Reno5 reguler dengan resolusi 44MP.
Kamera bagian belakang keduanya sama-sama memiliki empat kamera dengan konfigurasi yang sama, yakni lensa utama 64MP, ultrawide 8MP, makro 2MP dan mono 2MP.

Reno5 5G diotaki chip Snapdragon 765G yang dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Reno5 5G dibekali baterai berkapasitas 4.300 mAh yang didukung pengisi daya cepat 65W Super VOOC 2.0. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 11 yang dilapisi antarmuka ColorOS 11.1.

Soal spesifikasi lainnya, Oppo Reno5 5G hadir dengan layar AMOLED refresh rate 90Hz untuk kenyamanan visual yang memuaskan.

OPPO Reno6

Reno Series

Dan yang terbaru adalah Reno6, Pada produk ini OPPO menunjukkan penampilan luar dari perangkat Reno6 yang menitikberatkan pada sisi desain.

Desain OPPO Reno6 membawa teknologi pewarnaan Reno Glow. OPPO menggunakan lapisan Diamond Spectrum. Diamond Spectrum merupakan salah satu teknik pewarnaan yang dapat memproyeksikan jutaan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda.

OPPO Reno6 tampil dengan layar bertipe Single Punch-Hole Display. Tampilan ini memberikan sebuah pandangan layar yang luas kepada pengguna untuk menikmati konten multimedia dan online game.

Baca juga: Oppo Reno6 Dikonfirmasi Akan Diluncurkan pada 27 Mei

Sementara itu pada sektor kamera, OPPO Reno6 membawa 4 (empat) kamera utama dimana pada bingkainya tertulis 64 MP Quad AI Camera.

Pada kamera terbarunya membawa Fitur Bokeh Flare Portrait. Fitur ini mengambil video pada kondisi latar belakang gemerlap lampu. Jadi secara otomatis algoritma kecerdasan buatan perangkat ini akan menampilkan bokeh yang dinamis dan artistik.

HP OPPO Series terbaru ini memiliki dukungan algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh. Daro fitur Bokeh Flare Portrait dapat menangkap subjek dengan jelas dan membuat latar belakang yang memanjakan mata penggunanya.

Untuk spesifikasi baik kamera, chipset dan peningkatan lainnya pada OPPO Reno6 belum diketahui secara pasti. Untuk itu tunggu saja pada tanggal perilisannya sebentar lagi.