Review Realme X – Kamera Nongol Harga Lebih Terjangkau

0

GadgetSquad.id – Realme kembali ‘nongol’ dengan meluncurkan seri smartphone terbarunya. Yaitu realme X yang akhirnya dipastikan nongol di pasar Indonesia dengan mengusung kamera nongol. Realme X menyusul Vivo V15, Vivo V15 Pro dan OPPO F11 Pro yang sudah lebih dulu merilis smartphone dengan desain kamera nongol. Namun realme memastikan smartphone kamera nongol ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Realme X

Tampil Mewah

Realme X tampil dengan bodi yang terlihat elegan, Bodi belakangnya terlihat mewah dengan tampilan glossy meski menggunakan bahan plastik polikarbonat. Desain realme X semakin terlihat menarik dengan warna gradasi Space Blue, yaitu perbaduan biru dan ungu, pada bodinya. Di mana warna gradasi juga memang sedang menjadi tren smartphone hingga saat ini.

Tidak beda dengan kebanyakan smartphone saat ini, realme X juga mengusung layar berdesain fullscreen. Layar sentuhnya yang berukuran 6.53 inchi hanya menyisakan sedikit bezel kiri-kanan yang terbilang cukup tipis. Meski di bagian bawahnya masih sedikit terasa bezelnya.

Sama dengan Vivo V15 series dan OPPO F11 Pro, layar realme X juga tidak lagi disematkan notch. Ini karena kamera depannya kini dibuat dengan mekanisme ‘nongol’ atau disebut dengan Pop Up Camera. Dengan tidak adanya notch membuat tidak mengganggu luasnya layar, terutama saat menikmati konten.

Realme X

Slot dan Port

Untuk port dan slot yang tersemat di bodi realme X, terdiri dari slot kartu SIM card yang terdapat di ruas sisi sebelah kanan, bersamaan dengan tombol power. Di tempat SIM card ini tidak terlihat ada slot untuk memori card. Dan memang ternyata realme X tidak menyediakan memori eksternal.

Beralih ke sisi bagian kiri, terlihat ada tombol volume. Sementara di bagian bodi bawah, terdapat jack audio 3,5 mm, lubang microphone, port USB-C, dan lubang speaker. Yup! realme X sudah menggunakan jenis port USB-C, yang kelebihannya antara lain dalam transfer data yang lebih cepat serta sudah mendukung fitur fast charging.

Baca juga : Samsung Galaxy A10 vs Realme C2 – Hp Sejutaan, Mana Yang Jadi Pilihan?

Untuk bodi belakangnya terdapat dual-camera beserta LED flash-nya yang disusun vertikal pada posisi tengah. Pada salah satu kameranya yang bagian atas dihiasi dengan cincin berwarna keemasan. Logo Realme juga terdapat di bodi belakang alam posisi vertical ke atas.

Layar Luas Tanpa Notch

Realme X mengusung layar berukuran 6.53 inci. Layar sentuh ini terasa luas berkat rasio layarnya yang sudah 19,5:9. Ditambah rasio layar-ke-bodi hingga mencapai 91,2%. Jadi hanya menyisakan bezel yang tipis, dan layar terasa lega.

Untuk ketajamannya, layar di realme X ini mengandalkan teknologi layar Super AMOLED. Ditambah dengan resolusi layarnya yang mencapai Full HD+ (1080 x 2340 pixels). Kamu tidak perlu khawatir terlalu dalam menggunakan realme X, karena layar ini sudah dilapisi dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5.

realme X

Realme X menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie. Selain itu juga dikombinasikan dengan UI Color OS 6.0 terbaru yang memberikan pengalaman navigasi menu yang lebih halus dan tampilan ikon menu yang lebih segar. Yang menarik, untuk melihat berbagai ikon menu yang ada, kamu bisa mengusap layar ke samping atau bisa juga mengusap layar dari sisi bawah ke atas.

Beberapa fitur khusus juga dibawa Color OS 6.0 ini. Diantaranya seperti Smart Driving, Smart Assistant, App Management, Clone Apps, Game Space, dan App Split-Screen. Sedikit mengenai Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka bermain game. Game Space memungkinkan kamu untuk memilih notifikasi apa saja yang tidak akan ditampilkan ketika sedang bermain game.

Fitur khusus lain dari realme X yang juga menarik adalah Smart Sidebar. Fitur ini berada di sebelah kanan tampilan layar (posisi portrait) atau kiri layar (posisi landscape). Smart Sidebar bisa menampilkan shortcut untuk kamera, screenshot/screen recorder, messages, Facebook atau aplikasi lain termasuk game. Kita juga bisa mengatur ikon aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan di Smart Sidebar.

Dual Camera

Untuk kebutuhan fotografi, realme X menyediakan dual camera atau kamera ganda di bodi belakang. Dual-camera belakang ini terdiri dari kombinasi kamera utama 48MP (Sony IMX 586) + kamera sekunder 5MP. Kamera utama memiliki sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. Dengan aperture yang besar f/1.7, kamera belakang realme X memungkinkan sensor utama menghasilkan foto dengan efek bokeh yang natural.

realme X

Memiliki bukaan lensa (aperture) yang besar juga membuat kamera bisa menghasilkan foto yang tajam dan terang di kondisi pencahayaan redup (low-light). Masih soal foto low light, kamera di realme X dilengkapi dengan mode Nightscape generasi baru. Kombinasi teknologi AI (artificial intelligent) dan teknologi mesin multi-bingkai, membuat kamera dapat mengurangi noise, anti-guncangan saat digenggam, dan peningkatan dynamic range. Ini membuat hasil foto malam atau low light memiliki tingkat ketajaman, kecerahan dan detailnya yang bagus.

Baca juga : Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 – Hp Mewah Kelas Menengah

Realme X menyediakan mode super Chroma Boost. Mesin AI memungkinkan realme X untuk mengenali data pemandangan dan gambar lebih detail dan nyata. hal itu membuat gambar lebih berlapis dan lebih hidup berdasarkan realitas yang dilihat oleh mata manusia
Dual Camera di realme X juga dilengkapi dengan fitur Panorama, Expert (pengaturan manual), Time- Lapse dan Slo-Mo. Fitur Slo-mo ini bisa merekam video dengan dengan kecepatan tinggi mencapai 960 frame per detik (fps), sehingga bisa dihasilkan video gerak lambat. Asyiknya lagi, juga disediakan fitur video editor yang bisa mengatur slow-mo & quick-mo, dan menambahkan filter, teks, dan soundtrack.

Kamera Selfie Pop-up

Sama dengan OPPO F11 Pro, kamera selfie Pop Up di realme X di posisikan di bagian tengah bodi atas. Kamera ini akan otomatis muncul begitu mengaktifkan kamera depan.
Soal mekanisme naik turun otomatis kamera selfie ini, Realme menyebut bahwa berdasarkan hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa kamera depan pop-up realme X dapat bekerja lebih dari 200.000 siklus. Kamera depan pop-up realme X tidak akan mengecewakan Anda dalam waktu 10 tahun, bahkan jika Anda mengambil 50 selfie setiap hari.

Kamera depan realme X memiliki motor pendorong yang mengurangi gesekan saat pengangkatan menjadikan proses pengangkatan kamera depan hanya terjadi dalam 0,74 detik

Kamera depan pop-up realme X menggunakan kaca safir yang lebih kokoh dan tahan aus; slide realme X otomatis memasukkan kamera jika smartphone terjatuh atau kecelakaan lain saat penggunaan karena realme X memasang beberapa sensor yang dapat mendeteksi saat jatuh atau kecelakaan lain pada smartphone. Kamera depan realme X terdapat rakitan pegas di dalam struktur gesernya untuk memberikan perlindungan tambahan pada kamera, di samping fitur slide otomatis.

Kamera ini memiliki ketajaman resolusi 16MP dengan aperture f/2.0 serta sensor gambar Sony IMX 471. Kamera ini juga dilengkapi teknologi built-in Quad Bayer four-in-one pixel binning meningkatkan satu pixel menjadi 2.0μm, memastikan kualitas selfie yang bagus dalam pencahayaan rendah. Selain itu juga bisa mengatur warna kulit jadi lebih baik ketika foto diambil pada malam hari.

Tidak ketinggalan kamera selfie ini juga dilengkapi mode Beauty berbasis AI. Fitur ini bisa secara otomatis mengenali tekstur kulit, usia, jenis kelamin, warna kulit, dan memberikan touc up kecantikan yang berbeda untuk bentuk wajah yang berbeda (anak-anak, orang tua, pria, dan wanita). Ini karena kamera selfie realme X bisa mendeteksi hingga 296 titik wajah.

Realme X mendukung Group Selfie Beautify hingga empat orang secara bersamaan. Mode beautify grup otomatis mengenali pria dan wanita dan menerapkan template 3D dan touch-up yang berbeda sesuai untuk efek makeup yang lebih cocok.

In Display Fingerprint & Face Unlock

Pada bodi realme X tidak tampak adanya sensor sidik jari. Ini karena fitur Fingerprint disematkan di dalam layar sentuh atau disebut In-Display Fingerprint, tepatnya di bagian bawah layar.

Fitur sidik jari di bawah layar ini juga dilengkapi dengan teknologi AI agar semakin aman. Kombinasi ini dapat menganalisis secara dinamis lebih dari seribu titik fitur, menilai posisi, dan guratan sidik jari, sehingga meningkatkan akurasi pengenalan dan kecepatan membuka kunci. Dan memang dirasakan In-Display Fingerprint memiliki respon yang cepat dalam mengenali sidik jari.

realme X

Sementara untuk mendukung pembukaan kunci sidik jari berbasis cahaya, realme X hadir dengan lima animasi efek khusus (energy beams, mirrored flower and moon, void field of power, radiant bright light, riding on the mists and clouds), untuk memberikan kesan personal ketika ponsel dihidupkan.

Fitur keamanan biometrik pada realme X tidak hanya berupa sensor sidik jari saja. Juga dilengkapi dengan fitur face unlock yang menggunakan kamera depan pop-up. Selain untuk unlock layar, fitur pengenalan wajah di realme X juga bisa digunakan untuk App Lock dan Private Safe.

Speaker Dolby Atmos

Mendengarkan lagu, menonton video hingga bermain game, terasa lebih puas karena suara yang keluar dari speaker sudah didukung teknologi Dolby Atmos. Suara speaker realme X dua kali lebih baik dari sebelumnya. Tidak berhenti di situ. Bagi penggemar musik, Dolby Atmos menghadirkan suara yang lebih dinamis pada frekuensi rendah di bidang suara sekitarnya yang lebih luas, untuk membuat lagu lebih menyenangkan.
Mode pintar Dolby Atmos menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat smartphone ini digunakan. Masing-masing dari tiga mode lainnya – mode bioskop, mode game, dan mode musik – hadir dengan efek suara khusus.

realme x

Performa Kencang

Untuk performanya, realme X ditenagai oleh prosesor kelas menengah buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Chipset ini diproduksi dalam fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo dan memiliki kecepatan hingga 2.2 GHz. Di dalam chipset ini juga tertanam GPU Adreno 616 yang siap menampilkan gambar yang tajam dan rendering gambar 3D yang lebih efisien.

Performa realme X juga didukung RAM 8GB dan memori internal 128GB. Berbekal RAM dan ruang penyimpan data yang besar, realme X menjanjikan kinerja yang kencang dan mulus, termasuk untuk multitasking. Dan meski tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal, tapi dengan kapasitas memori yang mencapai 128 GB, dinilai sudah mampu memenuhi kebutuhan penyimpanan konten di smartphone ini.

Ketika dicoba untuk mencoba membuka beberapa aplikasi, termasuk bermain game kelas HD , semuanya bisa dinikmati dengan lancer tanpa nge-lag. Dan untuk membuktikan seberapa kencang performa realme X, kami coba menguji menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark. Dan diperoleh skor 169.357.

Untuk daya tahan hidupnya, realme X ditenagai baterai berkapasitas 3.765 mAh. Untuk membantu menghemat daya baterai, realme X dilengkapi teknologi AI freezer, yang dapat menganalisa aplikasi yang tidak digunakan untuk selanjutnya, lalu akan ‘membekukan’ aplikasi tersebut.

Realme X juga dilengkapi fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 terbaru, dengan daya pengisian 20W (5V4A). Diklaim waktu pengisian bisa 23,8% lebih singkat dari solusi pengisian biasa. Ketika dicoba, baterai 3765 mAh yang tertanam di realme X dapat diisi hingga 50% dalam 30 menit.